Totok Suharto

Totok Suharto

Rabu, 19 September 2012

Usai khajatan Workshop Review Action Reseach

Rabu, 19 September 2012 kemarin merupakan hari terakhir peserta Workshop Review Action Reseach dalam bentuk PTK bagi guru SD dan SMP RSBI Jawa tengah bisa bernafas lega. Rangkaian pelatihan yang dimulai bulan Februari 2012, dilanjutkan action di sekolah masing-masing kemudian bimbingan penulisan proposal, dan laporan akhir, di masing-masing daerah bimbingan di  tujuh wilayah karisidenan, diakhiri review di LPMP Jateng. acara panjang nan melelahkan dengan berjuta pengetahuan tentang PTK.

Ada haru, gembira, juga sedih berbaur menyeruak dia aula H yang megah di kawasan Srondol Semarang. Haru karena sebentar lagi berpisah dengan teman-teman pelatihan, yang gembira karena jerih payahnya membawa hasil sebagai juara, dan yang sedih karena tidak satu pun karyanya masuk nominasi. 

Workshop Action Reseach dalam bentuk PTK bagi guru SD dan SMP RSBI Jawa tengah bukan mencari pemenang karena ini bukan ajang lomba tetapi sebagai upaya meningkatkan kemampuan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memperdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.

Banyak pelajaran dan hikmah yang kita dapat dari Workshop Peningkatan Kompetensi Action Reseach dalam bentuk PTK bagi guru SD dan SMP RSBI Jawa tengah, juga  di saat Reviw untuk menjawabPeraturan Menpan PP 16 2009 tentang: 

  1.  Pengembangan diri:1)      Diklat fungsional, 2)      Kegiatan kolektif guru (KKG/MGMP)
  2.  Publikasi Ilmiah: 1)      Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang      pendidikan formal, 2)      Publikasi: Jurnal, buku, diklat, modul
  3.  Karya Inovatif: 1)      Menemukan teknologi tepat guna, 2)      Menemukan/menciptakan karya seni, dan 3)      Membuat/menemukan alat peraga/praktikum.
Bayak alasan kita tidak menulis antara lain: Persepsi kepenulisan, Minat keinginan menulis, ModaI untuk menulis, Kreativitas dalam menulis, Waktu yang tersita untuk pembelajaran, Disiplin yang tak diatasi. Memang tidak dapat dipungkiri sedikit-banyak anak didik terbengkalai ketika guru dikejar deadline untuk menyelesaikan laporan penelitian (ini bagi penelitian yang dibiayai oleh Dinas pendidikan atau sponsor lain) namun tentu tidak bagi yang menulis mandiri.

Workshop Peningkatan Kompetensi Action Reseach dalam bentuk PTK bagi guru SD dan SMP RSBI Jawa tengah, sudah kita ikuti, juga  Workshop Reviw Peningkatan Kompetensi Action Reseach dalam bentuk PTK bagi guru SD dan SMP RSBI Jawa tengah sudah kita jalani dengan segala pengorbanan waktu,meninggalkan keluarga, termasuk rela meningalkan kelas demi pelatihan ini. Lalu, mari kita sama-sama memotivasi diri agar kita mau dan memulai menulis karya ilmiah dan berani mempublikasikan di jurnal ilmiah.



Akhirnya, selamat kepada peraih penghargaan Pemaparan Hasil Laporan dan Poster Ilmiah. Mari kita tradisikan menulis karya ilmiah demi memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memperdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.Semoga!

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar