KARYA ILMIAH
UPAYA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
SMP 2013
logo SMP 2 Kudus | |||||
Oleh :
Dewi Nurulita NIS
15176
SMP 2 KUDUS
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Jalan Jendral
Sudirman 82 Kudus
i
----------------------------------------------------------------------------------
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
Tuhan tidak pernah tidur
Kejujuran adalah budi pekerti terbaik
Persembahan:
Karya tulis ini dipersembahkan bagi teman-teman
yang menjunjung tinggi kejujuran
ii
--------------------------------------------------------------------------------------------------
HALAMAN PENGESAHAN
KARYA TULIS REMAJA
1.
Judul
Penelitian : UPAYA MENGHADAPI UJIAN
NASIONAL SMP 2013
2. Peneliti/penulis :
a. Nama Lengkap : Dewi Nurulita
b. Kelas : IX O
c. Sekolah : SMP 2 Kudus
d. Alamat : Jalan Jend. Sudirman 82 Kudus
3. Lama
Penelitian : ...........
Bulan
Dari
Bulan : ............. 2012
Sampai
Bulan : ............. 2012
Mengetahui
SMP 2 Kudus
Guru Bahasa Indonesia, Peneliti/penulis,
Suharto, S. Pd Dewi
Nurulita
NIP 19610811 198501 1 003 NIS
15176
iii
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas karunia dan
hidayah-Nya sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan harapan dapat
memberi sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Karya tulis ini dibuat dengan
maksud untuk memenuhi tugas siswa kelas IX SMP 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013.
Karya
tulis ini tidak akan terwujud apabila tidak ada dukungan dan dorongan dari
banyak pihak. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Bapak Muhammad Taufiq, S.Pd. selaku Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Kudus.
2. Bapak Suharto selaku Guru Pembimbing
3. Kedua Orang Tua kami yang tak pernah henti
memberikan dorongan, dukungan, dan bantuan serta doa.
4. Teman-teman yang sudah memberikan
informasi kepada kami.
5. Dan berbagai pihak lain yang tidak dapat kami
sebutkan.
Dalam penulisan karya tulis
ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca dan Bapak/Ibu Guru demi penulisan
karya tulis berikutnya.
Semoga karya tulis ini dapat
memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.
Kudus, Desember 2012
Penulis
iv
--------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul............................................................................................................. i
Kata
Pengantar............................................................................................................ ii
Halaman
Pengesahan...................................................................................................
iii
Daftar
Isi..................................................................................................................... iv
Daftar
Lampiran...........................................................................................................
v
Daftar Bagan................................................................................................................
vi
Bab I Pendahuluan.....................................................................................................
1
A. Latar
Belakang...........................................................................................
1
B. Tujuan Penelitian…………………………………………………………
1
C. Rumusan
Masalah.......................................................................................
2
Bab II Pembahasan
A. Pengertian
UN.............................................................................................
3
B. Jenis
Soal dalam UN……………………………………………………... 4
C.
Kriteria Kelulusan………………………………………………………... 4
D.
Pelaksanaan Ujian Nasional…………………………………………….... 4
E. Kendala
dalam UN......................................................................................
5
F. Program
Menghadapi UN………………………………………………... 5
G.
Kiat untuk Menghadapi UN……………………………………………… 7
Bab III
Penutup
A. Simpulan....................................................................................................
10
B. Saran...........................................................................................................10
Daftar Pustaka ..............................................................................................................
12
v
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan salah satu proses pendewasaan. Masyarakat berharap melalui pendidikan
menjadikan kehidupan lebih baik. Berbagai cara dilakukan dalam proses belajar
mengajar agar mendapatkan hasil yang optimal, mulai dari penyusunan program
sampai evaluasi dan perbaikan serta pengayaan .
Berdasarkan
sejarah, penilaian pada akhir jenjang pendidikan selalu dilakukan dengan ujian
akhir, baik bersifat nasional maupun lokal. Masyarakat memandang bukan masalah
ujian nasional atau lokal, tapi lebih banyak berharapan bagaimana pendidikan
bisa membawa putra-putrinya menjembatani kehidupan masa datang.
Banyak cara
dilakuakan oleh Departemen Pendidikan Nasioanl (Depdiknas) menyelenggarakan
ujian nasional, termasuk mempersiapkan dana untuk pelaksanaan ujian nasional. Dalam UU NO. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada bab I pasal I ayat 21 disebutkan
evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan
mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang,
dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan
pendidikan.
B.
Tujuan penelitian
1. Untuk memenuhi tugas semester genap kelas
IX.
2. Untuk mengetahui target niali ujian
nasional.
3. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri
dan tingkat kehati-hatian dalam mengerjakan soal ujian nasional.
4. Untuk menujukan pada orang tua siswa,
target nilai UN dan seberapa besar kepercayaan diri dan kehati-hatian anak
m,ereka dalam mengerjakan soal ujian.
5. Untuk memberikan informasi kepada dewan
guru, target nilai Un, kepercayaan diri menghadapi UN dan tingkat kehati-hatian
peserta didiknya untuk menghadapi dan mengerjakan soal ujian nasional.
C.
Rumusan Masalah
1. Apakah ujian nasional itu?
2. Masalah apa yang dihadapi menjelang ujian
nasional?
3. Bagaimana persiapan menghadapi ujian
nasional?
1
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian UN
Ujian adalah suatu cara yang dipakai untuk menguji
mutu sesuatu (hasil belajar). Dengan demikian pengertian dari Ujian Nasional
adalah suatu cara yang dipakai untuk menguji mutu belajar yang diselenggarakan
oleh Negara di tingkat Nasinal. Menurut peraturan Menteri Pendidikan Nasinal.
Tentang Ujian Nasional Tahun 2012/2013, pasal 1 : Ujian Nasional adalah
kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional
untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Dasar Ujian Nasional terdapat menurut keputusan Badan
Standart Nasional Pendidikan (BSNP) No 1513/BSPN/XII/2008 tentang Prosedur
Operasi Standart (POS) Ujian Nasional SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB dan SMK
tahun pelajaran 2008/2009.
Ujian Nasional sendiri mempunyai tujuan untuk mencapai
nilai kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran yang di tujukan,
serta dapat mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang
bermutu. Serta kegunaan hasil Ujian Nasional untuk Sekolah bahkan untuk murid
adalah sebagai :
-
Pemetaan mutu program dan satuan pendidikan.
-
Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
dengan nilai yang sesuai standart.
-
Penentuan kelulusan peserta pendidikan dari satuan
pendidikan.
-
Akreditasi satuan pendidikan.
- Dasar
pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya
meningkatkan mutu pendidikan.
B. Jenis Soal
dalam UN
Komposisi soal UN tahun 2013 10% kategori soal sulit, 60% kategori sedang
dan 30% soal kategori mudah. Untuk UN 2013
bisa saja kategori sulit menjadi 15%
Soal Ujian Nasional mempunyai 20 kode soal mempunyai
bobot dan tingkat kesulitan yang sama.
Ø
Bahasa Indonesia :
50 butir soal pilihan ganda.
Ø
Matematika :
40 butir soal pilihan ganda.
Ø
Bahasa Inggris :
50 butir soal pilihan ganda.
Ø
IPA :
40 butir soal pilihan ganda.
C.
Kriteria Kelulusan
Menurut Permendiknas Nomor 78 Tahun
2008 pasal 16 ayat 1, peserta didik
dinyatakan lulus apabila “Memiliki nilai rata-rata minimal 5.50 untuk
seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4.00 untuk paling
banyak dua mata pelajaran dan minimal 4.25 untuk mata pelajaran lainnya.”
D.
Pelaksanaan Ujian Nasional
Pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013
sama seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu :
1.
UN dilakukan satu kali, yang terdiri atas UN Utama dan
UN susulan.
2.
UN Susulan ini hanya berlaku bagi peserta didik yang
sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.
3.
UN dilaksanakan secara serentak, di seluruh daerah dan
provinsi. UN susulan juaga dilakukan secara serentak.
4.
Jadwal pelaksanaan UN adalah sebagai berikut:
Jadwal Ujian Nasional
(UN) 2013 SMP
·
Jadwal Latihan
Ujian (UN) SMP Tahap I 21-23 Feb 2013
·
Jadwal Latihan
Ujian (UN) SMP Tahap II:18-20 Maret 2013
·
Jadwal Ujian
Nasional (UN) SMP Utama: 6-9 Mei 2013
·
Jadwal Ujian
Nasional (UN) SMP Susulan 13-16 Mei 2013
No
Hari dan Tanggal Jam/Waktu Mata Pelajaran
1 UN
Utama : Senin, 6 Mei 2013
08.00 – 10.00 B. Indonesia
UN Susulan : Senin, 13 Mei 2013
2 UN
Utama : Selasa, 7 Mei 2013
08.00 – 10.00 Bahasa Inggris
UN
Susulan : Selasa, 14 Mei 2013
3 UN
Utama : Rabu, 8 Mei 2013
08.00 – 10.00 Matematika
UN
Susulan : Rabu, 15 Mei 2013
4 UN
Utama : Kamis, 9 Mei 2013
08.00 – 10.00 IPA
UN Susulan : Kamis, 16 Mei 2013
2
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
E.
Kendala yang dihadapi dalam UN
Setiap murid di berbagai daerah
dan provinsi pasti akan mengalami kendala atau masalah dalam menghadapi UN.
Berikut ini adalah contoh-contoh kesulitan yang dialami saat UN :
·
Tidak menggunakan pensil 2B yang asli.
·
Pengisian identitas yang tidak lengkap.
·
Kesulitan dalam mengasir atau menghitamkan
identitas maupun jawaban.
·
Ketidak percayaan diri untuk mengerjakan soal
UN, karena tergesa-gesa atau terdesak oleh waktu.
F.
Program Menghadapi UN
Kiat-kiat yang dilakukan dalam menghadapi UAN agar
mendapatkan hasil yang memuaskan dari Sekolah sendiri adalah sebagai berikut :
·
Pendataan Peserta Didik (Daftar Nominasi
Sementara)
Sekolah penyelenggara UN melaksanakan pendaftaran calon peserta
dengan menggunakan format pendaftaran dari Pusat Penilaian Pendidikan.
·
Sosialisasi Ujuan Nasional Tahun 2012/2013
Mengenalkan UN kepada murid bahwa pentingnya mengikuti UN.
·
Pemantapan materi UN
Pendalaman atau pemantapan materi UN kepada peserta UN.
·
Les sore hari (2x seminggu)
Mengadakan les tambahan untuk persiapan menghadapi UN. Dua kali
seminggu, pada hari yang di tentukan.
·
Try out atau uji coba UN 4 kali
Mengadakan try out atau uji coba ujian nasional yang di
rencanakan sebanyak 4 kali. Untuk persiapan menghadapi UN.
·
Les disperites (Kesenjangan)
·
Penjelasan khusus atau dialog dengan orang tua
atau wali peserta didik.
·
Pembinaan khusus.
·
Pembekalan akhir
3
----------------------------------------------------------------------------------------------
Sedangkan dari peserta didik juga harus siap dalam
menghadapi UAN, setiap peserta didik mempunyai cara-cara tersendiri dalam
menghadapi UAN ini. contohnya adalah sebagi berikut:
·
Mengumpulkan dan mempelajari buku pelajaran
kelas VII, VIII, IX. Dengan demikian di harapkan dapat mencapai hasil UN yang
diinginkan.
·
Sepenuh hati dan kesungguhan untuk menghadapi
UN. Bersikap optimis bahwa murid bisa mengerjakan UN dengan persiapan yang
benar-benar sudah matang.
·
Mengikuti semua kegiatan yang diprogamkan
sekolah. Siswa diwajibkan hadir dalam program sekolah untuk persiapan UN,
diantaranya les sore hari yang diadakan 2 kali seminggu.
·
Belajar dengan sebaik-baiknya.
·
Berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia
hanya bisa merencanakan, Tuhan-lah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak
berdaya tanpa pertolongan-Nya. Oleh karena itu, rajinlah berdo’a dan memohon
kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar dan
mencapai hasil yang memuaskan.
Orang tua peserta didik juga harus memotivasi anaknya
agar bisa menghadapi UAN dengan lancar, memberikan pengarahan dan pengawasan
belajar.
G.
Kiat untuk Menghadapi UN
Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka
tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada
beberapa tips atau kiat agar siswa berhasil dan sukses menghadapi ujian.
o Persiapan
diri
Persiapan diri adalah persiapan
yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik dan
persiapan mental. Persiapan fisik berkaitan dengan persiapan jasmani atau fisik
dan persiapan kesehatan. Rajin berolahraga. Usahakan istirahat secara teratur dan
tidur jangan terlalu malam.
Persiapan mental ialah persiapan
yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi
pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam
diri, situasi kekecewaan (frustasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan
berdampak buruk terhadap hasil belajar. Yang semestinya diperhatikan adalah
harus menjaga suasana hati atau emosi. Di harapkan emosi tetap tenang dan
stabil menjelang ujian. Agar pikiran tidak terbagi dan tetap terpusat dalam
menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah
satu upaya untuk mendapatkan ketenangan.
4
--------------------------------------------------------------------------------------------
o Persiapan
teknis
Persiapan teknis yaitu
persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan
dalam ujian nanti, misalnya : pena, mistar penghapus, pensil, dan peraut
pensil. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan H-1 sebelum ujian. Pesereta UN
tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang digunakan ternyata palsu, karena
proses pemeriksaan hasil ujian menggunkan teknologi computer. Sebelum ujian,
yakinkan bahwa pensil 2B yang digunakan adalah benar-benar asli. Selain itu,
sebelum ujian berlangsung peserta UN harus mengecek lokasi ujian dan tempat
duduk.
o Persiapan
materi UN
Persiapan materi uji merupakan
persiapan yang sangat penting karena persiapan materi uji ini akan menentukan
kelulusan. Persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari
sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak
baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian
peserta UN tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat
yang cukup. Perbanyak latihan menjawab soal.
o Persiapan
pada saat ujian nasional
Hal-hal yang harus diketahui saat
ujian nasional adalah sebagai berikut :
-
Pastikan bahwa anda tidak lupa membawa kartu peserta
ujian.
-
Pastikan bahwa anda tidak terlambat dating ke loksi
ujian.
-
Pastikan bahwa anda tidak lupa membawa perlengkapan
ujian.
-
Pastikan bahwa anda tidak melanggar tata tertib ujian
anda bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
-
Pastikan bahwa semua identitas anda ditulis dengan
benar dan lengkap di lembar jawaban.
-
Kerjakan soal dengan tenang.
5
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB
III
PENUTUP
A. Simpulan
Ujian Nasional adalah suatu cara yang di pakai untuk
mengukur kompetensi peserta didik yang dilakukan secara nasional atau
berdasarkan SKL masing-masing mata pelajaran yang di ujikan. Ujian Nasional itu
sendiri mempunyai tujuan untuk mencapai nilai kompetensi kelulusan secara
nasional pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan
IPA untuk mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang
bermutu. Hasil Ujian Nasional berguna baik untuk sekolah maupun untuk murid.
Ujian Nasional tidak semudah yang di bayangkan karena setiap murid pasti akan
mengalami kendala atau masalah yang di hadapi saat atau sebelum UN. Oleh karena
itu perlu di adakan program khusus untuk menghadapi UN. Selain itu peserta
didik harus memiliki persiapan mental dan fisik.
B.
Saran
Dari bab I hingga bab II, berserta pembahasannya, pembaca
sedikitnya sudah mengetahui apa saja kendala atau masalah persiapan UN beserta target-target nilai dari murid. Dari
kesimpulan tersebut, dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Ujian Nasional perlu dilatih dengan baik dari
sebelumnya agar kita benar-benar siap saat menghadapi UN.
2.
Kesiapan guru maupun sekolah untuk mendidik dan
membimbing para murid harus lebih ketat.
3.
Ujian Nasional sebagai standart kelulusan siswa apabila
ingin menuju ke jenjang berikutnya.
4.
Dari murid sendiri harus siap lahir dan batin
menghadapi UN.
5.
Orang Tua murid harus memberi semangat kepada anaknya.
6.
Berdo’a kepada Tuhan YME.
Di dalam karya ilmiah ini, juga telah di sampaikan
sedikitnya saran-saran untuk persiapan UN mendatang. Walaupun hanya menyangkut
garis besarnya saja, tetapi itu semua bermanfaat bagi kita semua. Dan kamipun
berharap agar karya ilmiah ini dapat memberi motivasi untuk siswa kelas IX dalam
menghadapi UN.
6
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :
Balai Pustaka
.
Diakses pada Senin,17 Desember
2012 pukul 19.08 WIB
http://ujiannasional.org/un-2013.htm. Diakses
pada Senin, 17 Desember 2012 pukul
19.25 WIB
2010 Diakses
pada Senin, 17 Desember 2012 pukul 20.07 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar