Totok Suharto

Totok Suharto

Senin, 17 Desember 2012

Contoh KTI (sederhana)


KARYA  ILMIAH

UPAYA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
SMP 2013












logo SMP 2 Kudus




 












Oleh :

Dewi Nurulita                                     NIS 15176
                                   
 

SMP  2  KUDUS
TAHUN  PELAJARAN  2012/2013
Jalan Jendral Sudirman 82 Kudus

i
----------------------------------------------------------------------------------

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
Tuhan tidak pernah tidur
Kejujuran adalah budi pekerti terbaik






    Persembahan:
Karya tulis ini dipersembahkan bagi teman-teman yang menjunjung tinggi kejujuran






 ii
 --------------------------------------------------------------------------------------------------

HALAMAN PENGESAHAN
KARYA TULIS REMAJA

1.             Judul Penelitian                         :   UPAYA MENGHADAPI UJIAN
                                         NASIONAL SMP 2013
2.      Peneliti/penulis                          :    
         a.       Nama Lengkap                :     Dewi Nurulita
         b.       Kelas                                :     IX O
         c.       Sekolah                            :     SMP 2 Kudus
         d.      Alamat                             :     Jalan Jend. Sudirman 82 Kudus
3.      Lama Penelitian                        :     ...........   Bulan
         Dari Bulan                                 :     ............. 2012
         Sampai Bulan                            :     ............. 2012



Mengetahui
SMP 2 Kudus
Guru Bahasa Indonesia,                                                          Peneliti/penulis,



Suharto, S. Pd                                                                         Dewi Nurulita
NIP 19610811 198501 1 003                                                 NIS 15176



 iii
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas karunia dan hidayah-Nya sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan dengan harapan dapat memberi sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Karya tulis ini dibuat dengan maksud untuk memenuhi tugas siswa kelas IX SMP 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013.
            Karya tulis ini tidak akan terwujud apabila tidak ada dukungan dan dorongan dari banyak pihak. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Bapak Muhammad Taufiq, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kudus.
2.      Bapak Suharto selaku Guru Pembimbing
3.  Kedua Orang Tua kami yang tak pernah henti memberikan dorongan, dukungan, dan bantuan serta doa.
4.      Teman-teman yang sudah memberikan informasi kepada kami.
5.      Dan berbagai pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan.
Dalam penulisan karya tulis ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca dan Bapak/Ibu Guru demi penulisan karya tulis berikutnya.
Semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.


Kudus,    Desember 2012
                                                                                    Penulis


 iv
--------------------------------------------------------------------------------------------


DAFTAR ISI

Halaman Judul.............................................................................................................   i
Kata Pengantar............................................................................................................  ii
Halaman Pengesahan................................................................................................... iii
Daftar Isi.....................................................................................................................  iv
Daftar Lampiran........................................................................................................... v
Daftar Bagan................................................................................................................ vi
Bab I   Pendahuluan..................................................................................................... 1
A.    Latar Belakang........................................................................................... 1
B.     Tujuan Penelitian………………………………………………………… 1
C.     Rumusan Masalah....................................................................................... 2
Bab II  Pembahasan
A.    Pengertian UN............................................................................................. 3
B.     Jenis Soal dalam UN……………………………………………………... 4
C.     Kriteria Kelulusan………………………………………………………... 4
D.    Pelaksanaan Ujian Nasional…………………………………………….... 4
E.     Kendala dalam UN...................................................................................... 5
F.      Program Menghadapi UN………………………………………………... 5
G.    Kiat untuk Menghadapi UN……………………………………………… 7
Bab III      Penutup
A.    Simpulan.................................................................................................... 10
B.     Saran...........................................................................................................10
Daftar Pustaka            .............................................................................................................. 12


 v
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu proses pendewasaan. Masyarakat berharap melalui pendidikan menjadikan kehidupan lebih baik. Berbagai cara dilakukan dalam proses belajar mengajar agar mendapatkan hasil yang optimal, mulai dari penyusunan program sampai evaluasi dan perbaikan serta pengayaan .
Berdasarkan sejarah, penilaian pada akhir jenjang pendidikan selalu dilakukan dengan ujian akhir, baik bersifat nasional maupun lokal. Masyarakat memandang bukan masalah ujian nasional atau lokal, tapi lebih banyak berharapan bagaimana pendidikan bisa membawa putra-putrinya menjembatani kehidupan masa datang.
Banyak cara dilakuakan oleh Departemen Pendidikan Nasioanl (Depdiknas) menyelenggarakan ujian nasional, termasuk mempersiapkan dana untuk pelaksanaan  ujian nasional. Dalam UU NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada bab I pasal I ayat 21 disebutkan evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan.
B.     Tujuan penelitian
1.      Untuk memenuhi tugas semester genap kelas IX.
2.      Untuk mengetahui target niali ujian nasional.
3.    Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan tingkat kehati-hatian dalam mengerjakan soal ujian nasional.
4.      Untuk menujukan pada orang tua siswa, target nilai UN dan seberapa besar kepercayaan diri dan kehati-hatian anak m,ereka dalam mengerjakan soal ujian.
5.  Untuk memberikan informasi kepada dewan guru, target nilai Un, kepercayaan diri menghadapi UN dan tingkat kehati-hatian peserta didiknya untuk menghadapi dan mengerjakan soal ujian nasional.
C.     Rumusan Masalah
1.      Apakah ujian nasional itu?
2.      Masalah apa yang dihadapi menjelang ujian nasional?
3.      Bagaimana persiapan menghadapi ujian nasional?







 1


 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian UN
Ujian adalah suatu cara yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu (hasil belajar). Dengan demikian pengertian dari Ujian Nasional adalah suatu cara yang dipakai untuk menguji mutu belajar yang diselenggarakan oleh Negara di tingkat Nasinal. Menurut peraturan Menteri Pendidikan Nasinal. Tentang Ujian Nasional Tahun 2012/2013, pasal 1 : Ujian Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Dasar Ujian Nasional terdapat menurut keputusan Badan Standart Nasional Pendidikan (BSNP) No 1513/BSPN/XII/2008 tentang Prosedur Operasi Standart (POS) Ujian Nasional SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB dan SMK tahun pelajaran  2008/2009.
Ujian Nasional sendiri mempunyai tujuan untuk mencapai nilai kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran yang di tujukan, serta dapat mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu. Serta kegunaan hasil Ujian Nasional untuk Sekolah bahkan untuk murid adalah sebagai :
-          Pemetaan mutu program dan satuan pendidikan.
-       Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya dengan nilai yang sesuai standart.
-          Penentuan kelulusan peserta pendidikan dari satuan pendidikan.
-          Akreditasi satuan pendidikan.
-    Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
B.   Jenis Soal dalam UN
Komposisi soal UN tahun 2013 10% kategori soal sulit, 60% kategori sedang dan 30% soal kategori mudah. Untuk UN 2013 bisa saja kategori sulit menjadi 15%
Soal Ujian Nasional mempunyai 20 kode soal mempunyai bobot dan tingkat kesulitan yang sama.
Ø Bahasa Indonesia        : 50 butir soal pilihan ganda.
Ø Matematika                 : 40 butir soal pilihan ganda.
Ø Bahasa Inggris             : 50 butir soal pilihan ganda.
Ø IPA                              : 40 butir soal pilihan ganda.
C.       Kriteria Kelulusan
Menurut Permendiknas Nomor 78 Tahun 2008 pasal 16 ayat 1, peserta didik  dinyatakan lulus apabila “Memiliki nilai rata-rata minimal 5.50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4.00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4.25 untuk mata pelajaran lainnya.”
D.      Pelaksanaan Ujian Nasional
Pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 sama seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu :
1.    UN dilakukan satu kali, yang terdiri atas UN Utama dan UN susulan.
2.    UN Susulan ini hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.
3.    UN dilaksanakan secara serentak, di seluruh daerah dan provinsi. UN susulan juaga dilakukan secara serentak.
4.    Jadwal pelaksanaan UN adalah sebagai berikut:
Jadwal Ujian Nasional (UN) 2013 SMP
·      Jadwal Latihan Ujian (UN) SMP Tahap I  21-23 Feb 2013
·      Jadwal Latihan Ujian (UN) SMP Tahap II:18-20 Maret 2013
·      Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP Utama: 6-9 Mei 2013
·      Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP Susulan 13-16 Mei 2013

No                              Hari dan Tanggal                 Jam/Waktu                    Mata Pelajaran
1       UN Utama      : Senin, 6 Mei 2013            08.00 – 10.00                    B. Indonesia
         UN Susulan     : Senin, 13 Mei 2013                             
 2      UN Utama      : Selasa, 7 Mei 2013          08.00 – 10.00                     Bahasa Inggris
         UN Susulan     : Selasa, 14 Mei 2013
 3      UN Utama      : Rabu, 8 Mei 2013            08.00 – 10.00                     Matematika
         UN Susulan     : Rabu, 15 Mei 2013
4       UN Utama      : Kamis, 9 Mei 2013           08.00 – 10.00                    IPA
         UN Susulan     : Kamis, 16 Mei 2013                                                 

 2
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
E.    Kendala yang dihadapi dalam UN
Setiap murid di berbagai daerah dan provinsi pasti akan mengalami kendala atau masalah dalam menghadapi UN. Berikut ini adalah contoh-contoh kesulitan yang dialami saat UN :
·      Tidak menggunakan pensil 2B yang asli.
·      Pengisian identitas yang tidak lengkap.
·      Kesulitan dalam mengasir atau menghitamkan identitas maupun jawaban.
·      Ketidak percayaan diri untuk mengerjakan soal UN, karena tergesa-gesa atau terdesak oleh waktu.
F.        Program Menghadapi UN
Kiat-kiat yang dilakukan dalam menghadapi UAN agar mendapatkan hasil yang memuaskan dari Sekolah sendiri adalah sebagai berikut :
·      Pendataan Peserta Didik (Daftar Nominasi Sementara)
     Sekolah penyelenggara UN melaksanakan pendaftaran calon peserta dengan menggunakan format pendaftaran dari Pusat Penilaian Pendidikan.
·      Sosialisasi Ujuan Nasional Tahun 2012/2013
     Mengenalkan UN kepada murid bahwa pentingnya mengikuti UN.
·      Pemantapan materi UN
     Pendalaman atau pemantapan materi UN kepada peserta UN.
·      Les sore hari (2x seminggu)
     Mengadakan les tambahan untuk persiapan menghadapi UN. Dua kali seminggu, pada hari yang di tentukan.
·      Try out atau uji coba UN 4 kali
     Mengadakan try out atau uji coba ujian nasional yang di rencanakan sebanyak 4 kali. Untuk persiapan menghadapi UN.
·      Les disperites (Kesenjangan)
·      Penjelasan khusus atau dialog dengan orang tua atau wali peserta didik.
·      Pembinaan khusus.
·      Pembekalan akhir
 3
----------------------------------------------------------------------------------------------

Sedangkan dari peserta didik juga harus siap dalam menghadapi UAN, setiap peserta didik mempunyai cara-cara tersendiri dalam menghadapi UAN ini. contohnya adalah sebagi berikut:
·      Mengumpulkan dan mempelajari buku pelajaran kelas VII, VIII, IX. Dengan demikian di harapkan dapat mencapai hasil UN yang diinginkan.
·      Sepenuh hati dan kesungguhan untuk menghadapi UN. Bersikap optimis bahwa murid bisa mengerjakan UN dengan persiapan yang benar-benar sudah matang.
·      Mengikuti semua kegiatan yang diprogamkan sekolah. Siswa diwajibkan hadir dalam program sekolah untuk persiapan UN, diantaranya les sore hari yang diadakan 2 kali seminggu.
·      Belajar dengan sebaik-baiknya.
·      Berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhan-lah yang menentukan hasilnya. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Oleh karena itu, rajinlah berdo’a dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan.
Orang tua peserta didik juga harus memotivasi anaknya agar bisa menghadapi UAN dengan lancar, memberikan pengarahan dan pengawasan belajar.
G.      Kiat untuk Menghadapi UN
Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar siswa berhasil dan sukses menghadapi ujian.
o  Persiapan diri
Persiapan diri adalah persiapan yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik dan persiapan mental. Persiapan fisik berkaitan dengan persiapan jasmani atau fisik dan persiapan kesehatan. Rajin berolahraga. Usahakan istirahat secara teratur dan tidur jangan terlalu malam.
Persiapan mental ialah persiapan yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam diri, situasi kekecewaan (frustasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan berdampak buruk terhadap hasil belajar. Yang semestinya diperhatikan adalah harus menjaga suasana hati atau emosi. Di harapkan emosi tetap tenang dan stabil menjelang ujian. Agar pikiran tidak terbagi dan tetap terpusat dalam menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan ketenangan.
 4
--------------------------------------------------------------------------------------------

o  Persiapan teknis
Persiapan teknis yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan dalam ujian nanti, misalnya : pena, mistar penghapus, pensil, dan peraut pensil. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan H-1 sebelum ujian. Pesereta UN tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang digunakan ternyata palsu, karena proses pemeriksaan hasil ujian menggunkan teknologi computer. Sebelum ujian, yakinkan bahwa pensil 2B yang digunakan adalah benar-benar asli. Selain itu, sebelum ujian berlangsung peserta UN harus mengecek lokasi ujian dan tempat duduk.
o  Persiapan materi UN
Persiapan materi uji merupakan persiapan yang sangat penting karena persiapan materi uji ini akan menentukan kelulusan. Persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian peserta UN tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat yang cukup. Perbanyak latihan menjawab soal.
o  Persiapan pada saat ujian nasional
Hal-hal yang harus diketahui saat ujian nasional adalah sebagai berikut :
-       Pastikan bahwa anda tidak lupa membawa kartu peserta ujian.
-       Pastikan bahwa anda tidak terlambat dating ke loksi ujian.
-       Pastikan bahwa anda tidak lupa membawa perlengkapan ujian.
-       Pastikan bahwa anda tidak melanggar tata tertib ujian anda bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
-       Pastikan bahwa semua identitas anda ditulis dengan benar dan lengkap di lembar jawaban.
-       Kerjakan soal dengan tenang.


 5
 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB III
PENUTUP
A.   Simpulan
Ujian Nasional adalah suatu cara yang di pakai untuk mengukur kompetensi peserta didik yang dilakukan secara nasional atau berdasarkan SKL masing-masing mata pelajaran yang di ujikan. Ujian Nasional itu sendiri mempunyai tujuan untuk mencapai nilai kompetensi kelulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA untuk mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu. Hasil Ujian Nasional berguna baik untuk sekolah maupun untuk murid. Ujian Nasional tidak semudah yang di bayangkan karena setiap murid pasti akan mengalami kendala atau masalah yang di hadapi saat atau sebelum UN. Oleh karena itu perlu di adakan program khusus untuk menghadapi UN. Selain itu peserta didik harus memiliki persiapan mental dan fisik.
B.       Saran
Dari bab I hingga bab II, berserta pembahasannya, pembaca sedikitnya sudah mengetahui apa saja kendala atau masalah persiapan UN  beserta target-target nilai dari murid. Dari kesimpulan tersebut, dapat menyimpulkan bahwa:
1.    Ujian Nasional perlu dilatih dengan baik dari sebelumnya agar kita benar-benar siap saat menghadapi UN.
2.    Kesiapan guru maupun sekolah untuk mendidik dan membimbing para murid harus lebih ketat.
3.    Ujian Nasional sebagai standart kelulusan siswa apabila ingin menuju ke jenjang berikutnya.
4.    Dari murid sendiri harus siap lahir dan batin menghadapi UN.
5.    Orang Tua murid harus memberi semangat kepada anaknya.
6.    Berdo’a kepada Tuhan YME.
Di dalam karya ilmiah ini, juga telah di sampaikan sedikitnya saran-saran untuk persiapan UN mendatang. Walaupun hanya menyangkut garis besarnya saja, tetapi itu semua bermanfaat bagi kita semua. Dan kamipun berharap agar karya ilmiah ini dapat memberi motivasi untuk siswa kelas IX dalam menghadapi UN.



 6
 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
.

Diakses pada Senin,17 Desember 2012 pukul 19.08 WIB

http://ujiannasional.org/un-2013.htm. Diakses pada Senin, 17 Desember 2012 pukul

19.25 WIB

          
           2010  Diakses pada Senin, 17 Desember 2012 pukul 20.07 WIB




Tidak ada komentar:

Posting Komentar